Pengertian Tugas Sekolah, Tujuan serta Manfaatnya

Selamat Datang di Blog Tugas Sekolah. Sebelumnya mari kita gali dulu apa Pengertian Tugas Sekolah. Adapun yang dimaksud dengan tugas sekolah adalah sesuatu yang harus dikerjakan oleh seorang siswa atas perintah dari guru yang mengajar sebuah bidang studi. Tugas sekolah bisa berbentuk sendiri-sendiri ada juga yang harus dikerjakan secara berkelompok. Tugas yang secara berkelompok ini disebut dengan Tugas Kelompok. Jadi tugas kelompok harus dikerjakan secara bersama-sama. Jika tugas yang diberikan ini berupa sendiri-sendiri maka penanggung jawabnya juga sendiri-sendiri. Lain halnya dengan tugas kelompok, yang menjadi penanggung jawabnya adalah ketua kelompok yang ditunjuk secara musyawarah dan mufakat.

Pengertian Tugas Sekolah, Tujuan serta Manfaatnya
Setelah memahami Pengertian Tugas Sekolah yang merupakan perwujudan  dari tanggungjawab seorang individu maupun kelompok.

Kata Tugas dapat juga  diartikan sebagai suatu pekerjaan yang di berikan kepada seseorang dan menjadi tanggung jawab dari individu tersebut. Tapi disini akan dikhususkan tentang pembahasan seputar tugas yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan mengajar.

Apa Tujuan dari Guru, Memberikan Tugas Sekolah ?


Tugas sekolah atau lebih di pahami dengan PR (Pekerjaan Rumah) tentu mempunyai tujuan dan harapan. Sebagai seorang murid yang harus menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk belajar janganlah malas-malasan untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurumu. Kerjakanlah tugas tersebut secara mandiri jangan suka mencontek punya teman, toh nantinya yang rugi juga kamu sendiri kan???

Adapun tujuan dari tugas sekolah adalah sebagai berikut :

  • Biar Siswa Tetap Belajar di rumah.  Guru kamu terlahir tidak langsung menjadi guru. Beliau juga mengalami masa anak-anak, masa sekolah, masa muda, jadi beliau-beliau itu sudah paham betul bagaimana karakter siswa-siswanya. Agar anak didiknya terlena dalam bermain sehabis waktu belajar mengajar di sekolah selesai, maka dari itu guru memberi tugas sekolah yang harus dikerjakan di rumah.
  • Supaya Siswa Membiasakan Membaca. Alasannya adalah biar sisa terbiasa dengan membaca buku-buku pelajaran walaupun lagi di rumah. Mengerjakan tugas sekolah berarti bukannya siswa nggak mau membaca. Ilmu itu didapat melalui membaca, memperhatikan dan memahami. Selama tujuannya guru kamu baik kenapa kamu harus mengeluh jika diberi tugas sekolah. Karena memang di waktu muda inilah saatnya kamu menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Jika sudah tua nanti kamu tidak memiliki banyak waktu lagi untuk belajar, walaupun masih bisa belajar namun sudah sulit. Seperti kata lagu Belajar Diwaktu Kecil Bagai Menulis di atas batu. Belajar setelah dewasa bagaikan menulis diatas air. Tinggal kamu pahami aja apa maksudnya. 
  • Biar Nggak Keluyuran Di Luar Rumah. Bisa jadi guru kamu pernah melihat dan memergoki kamu sedang lagi asyik keluyuran di mall-mall atau di tempat lain di luar rumah bersama teman-teman lainnya tanpa ada keperluan. Nah, biar kamu nggak habiskan waktu untuk keluyuran, jadi guru kamu memberi tugas sekolah. Dengan numpuknya tugas sekolah, tentu kamu ada pekerjaan yang harus dikerjakan di rumah. Dengan demikian kamu tidak akan punya pikiran untuk keluyuran.
  • Jika ada Ulangan yang Mendadak Dapet Nilai Bagus. Kadang-kadang guru tidak memberi tahu kamu kapan di adakan ulangan. Banyak siswa yang kelabakan jika tiba-tiba guru mengumumkan akan ulangan hari ini.  Jadi tujuan guru kamu memberi tugas sekolah itu sebenernya baik, tidaklah bertujuan untuk melarang kamu bermain. Beliau pengen sekali anak didiknya menjadi sebagai anak didik yang berkualitas sehingga mendapatkan nilai bagus pada saat Ujian Nasional natinya. Dengan seringnya kamu mengerjakan tugas sekolah sendiri tanpa mencontek sudah barang tentu jika ada ujian yang mendadak kamu tidak akan gentar dan kelabakan, toh kamu sudah punya persiapan. Biasanya soal yang diberikan guru ya seputar tugas yang pernah diberikannya.  
  • Melatih Siswa Agar Memiliki Tanggung Jawab. Tujuan dari guru kamu memberikan banyak tugas sekolah bertujuan untuk melatih kami supaya memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirimu sendiri. Masalahnya suatu nanti makin bertambahnya usia maka kamu akan semakin mempunyai tanggung jawab yang besar serta tugas-tugas yang harus kamu penuhi dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi Sejak sekaranglah waktunya untuk melatih kamu menjadi anak yang bertanggung jawab jika sudah besar nanti. Kalau tidak terlatih dari sekarang, kamu akan kesusahan nantinya jika sudah dewasa. Jadi tidak ada alasan buat kamu untuk tidak mengerjakan tugas sekolah.

Manfaat Dari Tugas Sekolah atau Pekerjaan Rumah.

Tugas Sekolah atau Pekerjaan rumah yang diberikan guru adalah untuk membangun inisiatif dan kreatif siswa. Guru menetapkan tugas sekolah yang harus dikerjakan oleh siswa di rumah. Tugas harus bisa  melatih rasa tanggung jawab anak dengan menyelesaikan tugas sekolah mereka. Anak-anak yang memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sekolahnya tersebut, dan akan memenuhi kewajibannya sebagai siswa disaat mereka menyelesaikannya.

Manfaat lain dari Tugas Sekolah ini adalah bahwa siswa dilatih untuk mengembangkan manajemen waktu. Jadi dengan adanya tugas sekolah ini, mereka akan mulai membagi waktu untuk belajar dan bermain, sehingga mereka bisa menyelesaikan tugas sekolahnya sesuai dengan jadwal yang telah mereka buat sendiri. Disamping itu; mereka juga belajar untuk melakukan segala sesuatunya secara  mandiri. Mereka bisa mengatur waktu serta menyelesaikan pekerjaan rumah secara mandiri. Tugas Sekolah dalam hal ini mendorong disiplin diri pada siswa.

Dangan adanya Pekerjaan rumah (Tugas Sekolah) akan meningkatkan ketertarikan serta kepercayaan dalam diri siswa. Guru memberikan apresiasi atas pekerjaan yang siswa lakukan. Dengan Komentar positif guru bisa meningkatkan Motivasi Belajar pada anak  didik untuk lebih giat lagi dalam belajar.  Begitu Siswa itu sendiri, mereka akan bersemangat belajar dengan mengikuti instruksi dari guru dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan Tugas-tugas yang dibebankan kepada mereka sampai berhasil.

Tugas Sekolah yang secara bertahap meningkat,  dengan demikian akan dapat meningkatkan prestasi akademik. Tugas  Sekolah juga  akan membantu dalam pengembangan sikap dalam mengeksplorasi kegiatan belajar. Maka hal tersebut meningkatkan hasil akademis anak didik.

Pekerjaan rumah bukanlah suatu hukuman. Jumlah pekerjaan rumah yang diberikan secara tepat kepada siswa akan terasa manfaatnya. Hal ini tidak baik bagi anak-anak dengan beban pekerjaan rumah yang begitu banyaknya dan berlebihan. Pekerjaan rumah harus proporsional sesuai dengan usia dan kemampuan mental.

Tugas Sekolah bukanlah suatu hukuman. Banyaknya Tugas Sekolah yang diberikan kepada siswa secara tepat akan terasa manfaatnya.

Nah Demikian uraian tentang Pengertian Tugas Sekolah, Tujuan serta Manfaatnya. Ikuti terus blog tugas sekolah yang akan memaparkan contoh-cotoh tugas yang diberikan oleh guru.


Copyright © Tugas Sekolah. All rights reserved.